Senin, 07 Februari 2011

PROCESS MANAGEMENT

OPERATING-SYSTEM STRUCTURES

Sistem operasi adalah program yang bertindak sebagai perantara antara user dengan perangkat keras komputer. dalam system operasi ada asitekture sistem operasi dimana komponen utamanya adalah sebagai berikut :

- OS (Operating system) dimana didalamnya terdapat storage management, i/o management, file management, comunication management, prosess management dan operator console

- standar sistem , dimana didalamnya terdapat language proses, loader dan tools

- aplikasi. dimana terdapat sort / merge packge, payroll/ acounting package dan DBMS

disini saya akan menjelaskan tentang prosess management yg terdapat pada system operasi. Proses adalah sebuah program sedang dijalankan (eksekusi). disaat program dijalankan maka terdapat proses yang akan berjalan secara bersamaan sehingga suatu program yang sedang berjalan bisa menjalankan proses program lain sehingga proses tersebut akan di management kan di dalam suatu operasi system. Sebuah proses dibuat melalui beberapa system yaitu system call create-process yang membentuk proses turunan ( child process) yang dilakukan oleh proses induk ( parent process). Proses turunan tersebut juga mampu membuat proses baru sehingga semua proses ini pada akhirnya membentuk pohon proses.
Suatu proses memerlukan resources pada saat eksekusi. pada saat proses berjalan maka proses memerlukan sebuah energi yaitu energi dari waktu CPU, memori, berkas, atau perangkat I/O. sumber daya tersebut terdapat langsung di dalam operasi system tersebut, dari proses induk yang membagi-bagikan sumber daya kepada setiap proses turunannnya, atau proses turunan dan proses induk berbagi sumber-daya yang diberikan sistem operasi.

Pengelolaan Proses

Proses perlu dikelola karena dalam sebuah proses membutuhkan beberapa sumber daya untuk menyelesaikan tugasnya. Sumber daya tersebut dapat berupa CPU time, memori, berkas-berkas, dan perangkat-perangkat I/O.
Sistem operasi bertanggung jawab atas aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan managemen proses seperti:
• Pembuatan dan penghapusan proses pengguna dan sistem proses (Process creation & deletion).
• Menunda atau melanjutkan proses (process suspension (block) & resumption).
• Menyediakan mekanisme untuk proses sinkronisasi.
• Menyediakan mekanisme untuk proses komunikasi.
• Menyediakan mekanisme untuk penanganan deadlock.



sumber : http://yogapw.wordpress.com/2009/10/05/pengertian-proses-dalam-sistem-operasi/

14 komentar:

  1. maksud dr system call?

    BalasHapus
  2. mekanisme yang dimaksud pada pengelolaan proses itu yang bagaimana yaa?? :))

    BalasHapus
  3. adi w dah baca materinya.

    yg jadi pertanyaan kenapa harus ada proses manager dalam sebuah sistem komputer?

    BalasHapus
  4. system call disana dimaksud dimana suatu Proses mampu membuat proses baru yg terjadi dalam proses turunan.. pada saat program sedang berjalan / dieksekusi proses baru bisa dilakukan secara bersama" menurut saya...hehehe

    mekanisme disini yaitu perwujudan bisa disebut suatu alat yg nyata , contoh pada tulisan di atas " • Menyediakan mekanisme untuk proses sinkronisasi." itu dimaksudkan dalam suatu proses ada sinkronisasi yaitu menghubungkan , pertukaran data dimana dalam pertukaran tersebut memerlukan perangkat atau device yng saling terhubung sehingga terlihat jelas di maksud mekanisme untuk sinkronisasi itu perangkat keras yng dapat menghubungkan device satu dengan yng lainnya .. heheh

    kenapa ada proses manager? ini sangat penting ,karena tanpa prosess sesuatu tidak akan berjalan... misal kita punya input tanpa proses kita tidak mempunyai suatu output.. prosess akan memenegement semua data yng di terima akan di olah dan di jalan kan oleh sebuah proses dan akan menghasilkan data yng di inginkan....

    gimana teman" mengerti???hahaha misal ada kesalahan pada saya mohon di bantu ya..sama" belajar gan hehehe

    BalasHapus
  5. Saya mau tambah jawaban untuk Agung.

    Proses manajer diperlukan untuk mengatur sekian banyak proses di dalam sistem operasi dalam hal berbagi sumber daya (resource) dan efisiensi waktu.

    -Hendra-

    BalasHapus
  6. sekedar menambahkan saja
    Proses manager itu rangkaian kegiatan perencanaan dan pemantauan kinerja proses. Istilah ini biasanya mengacu pada manajemen proses bisnis dan proses industri juga.
    maaf kurang lebihnya..

    BalasHapus
  7. saya masih agak rancu soal sumber daya yang diperlukan dalam proses untuk menyelesaikan tugasnya....

    BalasHapus
  8. Di era multi core ini system pengolahannya proses'y sama g ya am yg d jelasin d atas?

    BalasHapus
  9. kyknya ini proses management pd linux ya??
    bgmna dgn os lain di??macem windows n mac os??

    BalasHapus
  10. eh ya.,,,mw nanya dunk,,aktifitas-aktifitasnya selain dsana,,ada lagi gak>>??

    BalasHapus
  11. pada standart proses terdapat language proses,loader dan tools fungsi dari language proses,loader dan tools apa sih??? tolong berikan contohnya...!!!

    BalasHapus
  12. katanya tanpa proses sesuatu tidak akan berjalan. misalnya kita masukan input tanpa ada proses outputnya tidak akan keluar, naah klo gtu antara I/O manajemen sama proses manajemen berhubungan erat donk yaa? ato saling terkait yaa?

    BalasHapus
  13. cara kerjanya proses management itu sendiri seperti apa ?

    BalasHapus
  14. ikut nambahin. semua kan ada dalam satu sistem pasti ada keterkaitannya donk. klo liat di blok struktur os pasti keliatan klo satu komponen ternyata tidak bekerja sendiri.

    BalasHapus

posting